Bottom 3

Selasa, 21 Agustus 2012

Home » » Tips mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman

Tips mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman

Tips mudik Lebaran yang Aman dan Nyaman. Demi keselamatan dalam tips mudik dengan motor jangan lupa lakukan persiapan yang matang, seperti yang saya ulas dalam Persiapan Mudik 2012. Kenapa anda harus perhatikan semua persiapan? ini semua untuk kelancaran dan keselamatan anda juga. Seperti yang telah di ulas juga dalam Beberapa Persiapan Untuk Arus Mudik 2012.



Berikut ini ada lima hal yang harus diperhatikan bagi pemudik terutama bagi yang mudik dengan kendaraan sepeda motor. Yang pertama, mengenai kapasitas muatan. Diimbau agar kendaraan hanya ditumpangi dua orang dan tidak membawa barang secara berlebihan.

"Kalau membawa anak-istri, baiknya tidak menggunakan sepeda motor dan beralih naik kendaraan yang lain,".

Menurut informasi yang saya dengar Polda Metro telah menyiapkan 15 bus di check point Citra Raya, Tangerang, dan Kedung Waringin, Bekasi untuk pemudik motor secara gratis. "Jadi, anak dan istri bisa naik bus, suaminya silakan pakai motor," katanya.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah kondisi sepeda motor yang prima. Harus mengikuti standar keselamatan untuk jarak tempuh jauh. Penumpang maupun pengendara harus menggunakan helm, sepatu, jaket, dan sarung tangan.

"Sistem pengereman, lampu, dan kelengkapan spion juga harus diperhatikan. Ini untuk keselamatan di jalan. Cek ke bengkel sebelum berangkat,".

Guna menjaga kondisi tetap prima, hal ketiga yang perlu dipersiapkan adalah air mineral dan jas hujan. Barang itu perlu dibawa untuk mengantisipasi hal tidak diharapkan, seperti cuaca buruk atau kelelahan saat di perjalanan.

Yang keempat, pemudik motor diingatkan untuk beristirahat setiap 4 hingga 5 jam perjalanan. "Tubuh manusia ada batasnya dan sudah ada ketentuannya untuk istirahat 4-5 jam sekali. Jangan pernah dipaksakan. Istirahat bisa dilakukan di pos pengamanan dan pelayanan mudik,".

Syarat terakhir yang harus diperhatikan adalah persiapan mudik yang aman bagi anak. Mudik menggunakan sepeda motor juga sangat berisiko besar bagi anak-anak. Daya tubuh anak lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Cuaca dingin, panas, dan debu bisa saja membuat anak cepat lelah.

"Paling baik memang naik bus yang sudah disediakan. Jangan bawa anak kalau naik motor," Menurut info tips mudik (VIVAnews).

Nah itulah beberapa poin yang harus di perhatikan khususnya untuk anda para pemudik, ingat keselamatan anda! "Alon-alon asal kelakon", ingat juga bahwa semua saudara maupun saudari anda menanti anda sampai di kampung halaman dengan selamat, jadi utamakan keselamatan anda.
Share this games :

0 komentar:

Posting Komentar